<body>
Thursday, September 15, 2005
.:: Indonesia - PR 240 ::.


Hari ini di seminar PR 240, ada video tentang Indonesia - nyambung ama WTO, IMF gitu dan jaman2 pemerintahan Suharto dulu. Pramoedya sampe diwawancara juga.


Jadi dikasih liat gimana banyak pabrik di Indonesia yang menerima tawaran dari foreign investor untuk bikin product mereka dengan gaji yang sangat minimum.


Tadi perusahaan yang di-review sih GAP. I've known these things ttg cheap labor dari dulu, tapi tadi pas nonton lagih baru sadar dan keinget aja gitu...
Di pabrik2 tersebut ga ada yang namanya Code of Ethics dan Code of Conduct. Peraturan dari perusahaan aja ga ada.


Dan kalo ada barang yang besokannya mesti di-exsport, orang-orang bisa bekerja sampai 16 jam berdiri non-stop. Tanpa duduk sama sekali .
Salah satu pekerja cerita kalo dia kerja dari jam 7.30 pagi sampe jam 7.30 pagi esokan harinya dan selesai jam 5.30 malam.


Stock barang GAP yang dijual sebanyak 7 pounds, palingan gaji buruh cuman sebanyak 4 pence doank...


Jadi orang2 yang bisa dibilang 'poor' di Indonesia (kita dikasih liat gimana mereka idup dan sebagainya) average taraf hidupnya tuh kira2 dengan $2. Kebayang banget, di sini $2 paling cuman dapet permen, tapi buat mereka.... itu udah berarti banyak sekali.


Dan karena mereka 'poor', mereka menerima kerja apa saja yang ada. Even being a cheap paid labor. Setelah dollar naik kemarin itu... gaji buruh pun dipotong... bayangkan! Gaji yang udah bener2 low banget masih dipotong lagi...!... *aaa*. Well, I only know a bit about Indonesia's economy dan conditionnya tapi yah...


Terus... kita punya debt banyak banget ama World Bank, yang kayanya seumur hidup dibayar pun ga sanggup. IMF ikutan ngebantuin cut some of the debts, tapi... jadi pemerintah banyak subsidi macem2... karena itu ada juga biaya lainnya yang naik.


Orang2 yang tadinya makan 3 kali sehari cuman bisa 2 kali sehari, jenis makanan pun harus dirubah.


Video itu juga kasih liat tentang massacre taon 1965 *kalo ga salah* yang dibuat ama General Suharto jaman dulu. The worst massacre ever. Sampe list orang-orang yang di-massacre diselidiki oleh CIA.


Pas nonton video itu jujur sih... ada perasaan malu terselip. Indonesia itu negara yang kaya. Dan semua orang mengakui itu. Barang tambang, minyak dan segala macemnya. Selain itu human resourcesnya juga banyak. Tapi.... dengan adanya gap between poor and rich (yang sepertinya akan makin jauh jaraknya)... gimana nasib Indonesia di 20 tahun lagi ya?


Just a thought after lecture...



posted by on 12:12 PM put



about me


This is my blogchalk:
Australia, WA, Perth, Indonesian, English, Inex, Female, sound system, IFC, positive, bar/lounge/cafe/pub, Curtin, mass comm: journalism & PR, guitar, God, SMS, friendship, love, life, counselling; love: me, people, God; bdg - 31 oct, optus - telkomsel, Scorpio, moody, supportive, caring, sensitive, thinker, philosopher, romantic, fun, all the good things, nexia, nexi, nexy, inex...blah.blah.blah...

tag


journeys

feeling

The current mood of 

nx_revival at www.imood.com



links

eh, eh, link dunk :D  



Blog search directory

contact me

.:ICQ:.
.:MSN:.
.:AIM:.
.:YM:.
.:e-mail:.
.:Phone:.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons License.

Perth weather

The WeatherPixie


credits

1n3x's Last.fm Weekly Artists Chart


Listed on 
Blogwise   

JANGAN ASAL COPY PASTE..   

Jimmy Liao Fan   



miscellaneous






Kanye West - Heard 'em Say