<body>
Friday, May 28, 2004
.:: Happiness Built on Lies ::.


Itu suatu yang ga jarang kita temuin di dunia ini. Contoh simplenya banyak. Mulai dari cowo yang jadian ama cewenya hanya karena kasihan, orang tua yang menutup2i pekerjaan aslinya yang haram agar anaknya bahagia dan sebagainya. Simplenya sih mungkin bisa dikatakan sebagai white lies.


Setiap harinya kita diperhadapkan dengan berbagai statement yang membutuhkan jawaban. Jawaban bohong atau jujur. White lies adalah suatu kebohongan yang dianggap baik untuk orang2. Kenapa white? Karena white sendiri adalah lambang purity, innocent, holy. Orang2 lebih memilih untuk melatih white lies mereka daripada kejujuran yang ada.


Tapi di beberapa case yang teman2 saya alami, mereka lebih memilih kejujuran daripada semua white lies yang ada.


Salah satu teman saya, Gina. Dia tumbuh di sebuah keluarga yang sangat bahagia. Gina bisa mendapatkan semua yang dia mau. Orangtuanya benar2 menyayanginya. Sampai ada seseorang yang memberitahunya kalau ayah dan ibunya berpura2 saling menyayangi di depan matanya, sementara orangtuanya mempunyai kekasih masing2 di luar pernikahan mereka. Bahkan ayahnya memiliki anak dari salah satu pembantu di rumahnya.


"The world's happiest family was the world's greatest family of liars. And all those lies were protecting my happiness. What a joke. I don't want happiness built on lies."


Gina confronted her own family. Kenapa mereka menyembunyikan kenyataan itu. Menyakitkan sekali mengetahui kenyataan itu dari orang lain. Sementara masing2 orang tuanya sudah mengetahui apa yang telah dilakukan pasangannya masing.


Gina sempat berpikir, kalau lebih baik dia tidak tahu semua kenyataan yang telah terjadi itu. Tapi setelah waktu berselang, dia bisa melihat kalau mengetahui kenyataan, meskipun menyakitkan adalah sesuatu yang baik.


Case lain di mana white lies terjadi adalah pada Sandra. Sandra kehilangan ingatan karena kecelakaan mobil. Keluarganya melihat itu sebagai sesuatu yang baik. Sesuatu yang bisa dipakai untuk menutupi aib yang pernah terjadi.


Sandra pernah diperkosa seseorang dan hamil. Anak itu dilahirkan dan diberikan kepada panti asuhan yang ada. Sandra dan keluarganya pun pindah ke luar negeri di mana kecelakaan mobil itu terjadi.


Keluarganya hanya menceritakan masa lalu yang membahagiakan pada Sandra. Tapi segala kebohongan memang tidak bisa ditutupi selama2nya. Ada saatnya kebohongan itu akan terkuak.


2 bulan Sandra tinggal di luar negeri dan bertemu dengan salah seorang teman sekolahnya dulu. Melihat Sandra yang enerjik dan sehat, temannya membawa topic tentang kehamilan pada Sandra.


Sandra bingung. Keluarganya tidak pernah menceritakan hal itu padanya. "Aku tahu mereka memikirkan kebaikanku. Tapi bukan begini caranya. Untukku, masa lalu yang pahit itu adalah salah satu penopang masa depanku." Keinginan Sandra yang terbesar saat ini selain kuliah adalah untuk menemukan anak yang dilahirkannya itu.


'Sebaik2nya' kebohongan, bohong tetaplah bohong. White lies hanyalah ada untuk kesenangan 'sesaat'. Kenyataan yang menyakitkan adalah latihan untuk semua manusia agar bisa menjalani hidupnya dengan lebih tegar, suatu bantuan atau dorongan untuk berubah ke arah (+)ve.


Perubahan ke arah (+)ve atau (-)ve itu sendiri tergantung pada respon masing² individu terharap kenyataan yang mereka terima. Respon tiap² orang juga bisa mengetest kedewasaan karakteristik mereka. Manusia berubah setiap saatnya.


Ya, setiap detik ini adalah kesempatan untuk berubah. Perubahan terjadi pada diri kita setiap saat sadar atau tidak sadar. Saat seseorang mulai untuk berubah, muncul pertanyaan "ke mana?" arah yang (+)ve ataukah (-)ve.


White lies tidak akan membantu untuk membawa kita ke arah yang purely (+)ve. Lebih baik tersenyum saat kita dihadapkan pada pertanyaan yang tidak bisa kita jawab daripada mengeluarkan kata2 'kebohongan yang putih."



posted by on 5:08 PM put



about me


This is my blogchalk:
Australia, WA, Perth, Indonesian, English, Inex, Female, sound system, IFC, positive, bar/lounge/cafe/pub, Curtin, mass comm: journalism & PR, guitar, God, SMS, friendship, love, life, counselling; love: me, people, God; bdg - 31 oct, optus - telkomsel, Scorpio, moody, supportive, caring, sensitive, thinker, philosopher, romantic, fun, all the good things, nexia, nexi, nexy, inex...blah.blah.blah...

tag


journeys

feeling

The current mood of 

nx_revival at www.imood.com



links

eh, eh, link dunk :D  



Blog search directory

contact me

.:ICQ:.
.:MSN:.
.:AIM:.
.:YM:.
.:e-mail:.
.:Phone:.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons License.

Perth weather

The WeatherPixie


credits

1n3x's Last.fm Weekly Artists Chart


Listed on 
Blogwise   

JANGAN ASAL COPY PASTE..   

Jimmy Liao Fan   



miscellaneous






Kanye West - Heard 'em Say